Photo by Andrik Langfield on Unsplash

Ketika kita melihat segala hal dari sudut pandang yang positif, semesta akan mengarahkan kearah yang baik.

Saya terkejut ketika mendapatkan pekerjaan dengan tekanan yang sangat tinggi. Saya senang tantangan, namun hal yang saya rasakan dipekerjaan saya saat ini membuat saya tertekan dari personal maupun segi pekerjaan.

Masuk kedalam tim yang menurut saya penuh potensi, pengalaman yang tidak bisa diragukan, rasanya saya ingin mundur karena perasaan insecure mulai muncul. Apalagi dengan pekerjaan yang membuat saya sedikit sesak nafas.

Selama dua minggu, saya merasa tertekan dengan keadaan yang sangat ada. Pernah seharian bekerja tanpa senyum, rasanya mulut ini tidak bisa berkata apa-apa…


Photo by Ashkan Forouzani on Unsplash

Saat saya sedang membaca beberapa penelitian yang ada didalam terjemahan Quran, membaca disalah satu ayat yang menerangkan bahwasannya mendengarkan alquran banyak manfaatnya bagi kesehatan. Lalu rasa penasaran untuk membaca journal yang dibahas oleh para peneliti ilmiah, ternyata menerangkan hasil yang sama bahkan lebih dari ekspetasi yang saya bayangkan.

Saya sangat terkagum-kagum dengan manfaat yang diperoleh dari mendengarkan Quran dari menurunkan stress, terapi kecemasan, menyembuhkan penyakit dan masih banyak manfaat lainnya.

Dari dulu, Jangankan mendengarkan, untuk membaca, membuka alquran saja rasanya sangat malas. Dengan berusaha memaksakan suatu kebiasaan baru, dimulai dari 10 menit sampai 30 menit untuk mendengarkan Quran saya menganggap…


Photo by Dustan Woodhouse on Unsplash

“Coba deh mbak kamu lihat matahari itu, lagi terbenam kan? Besok dia bakalan terbit lagi. Itu sama dengan kehidupan juga, Kalau saat ini kamu sedih, lagi jatuh, pasti akan ada senang setelah itu,” kata temanku yang sambil berdiri menatap matahari terbenam hingga usai. Sedikit aku tertampar oleh perkataan singkatnya.

“Kamu yakin? sepertinya masalahku tidak ada jalan keluarnya.” kataku ragu.

“Mbak, kamu tuh masih punya Tuhan. Percaya deh, semua masalah itu ada jalan keluarnya.”

Aku terdiam, mengusap air mata dan bediri sambil berkata “Yuk balik! aku udah gak mau nangis lagi. Tadi sedih aku terakhir.”

__________________________________________________________

Sore di pantai Yogyakarta, ditemani matahari…


Photo by Christopher Ott on Unsplash

Setelah menemukan kalimat ini disosial media, saya sadar bahwasannya salah satu anxiety yang pernah saya rasakan karena hal berikut :

“Barangsiapa bangun di pagi hari dan hanya dunia yang dipikirkanya,sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak Allah dalam dirinya (tidak shalat,dzikir)maka Allah akan menanamkan 4 penyakit,1. Kebingungan yang tiada putus 2. Kesibukan yang tiada berujung 3. Kebutuhan yang tiada terpenuhi 4. Khayalan yang tidak berujung (HR. Muslim)”

Setiap tidur, saya merasa takut karna besok harus kembali terbangun. Terbangun dengan perasaan takut, gelisah sepanjang hari. Rasanya permasalahan yang saya hadapi tidak begitu berat untuk dipikirkan. Setiap terbangun, pikiran saya tertuju dengan pekerjaan…


Photo by Imam Muhaimin on Unsplash

Saat pria merasa baik dalam pekerjaannya, secara tidak sadar, dia baik kepada hubungannya. Namun sebaliknya, ketika perempuan ada masalah didalam hubungannya, pekerjaan yang terbengakalai.

Membutuhkan waktu untuk saling memahami pasangan. Ketika partner saya sedang berjuang mencari pekerjaan, sepertinya sangat sulit untuk berbicara tentang sebuah perencanaan. Jangankan perencanaan tentang pernikahan sebuah hubungan, perencanaan hidup sepertinya sangatlah menambah sulit dipikirannya.

Ketika partner saya tidak pernah mengubris ketika saya berbicara tentang rencana pernikahan, wajar jika perasaan kesal ada. Saya menganggap dia tidak serius dalam menjalin hubungan. Seperti tidak pernah menganggap masa depan itu ada.

Lalu saya mengikuti alurnya, dengan selalu support apapun dan…


Treat your staff like you expect them to treat your customers.

Menjadi seorang leader membuat saya tidak berhenti belajar banyak hal, belajar dari cara berpikir kritis, emosional manajemen yang stabil, sampai eksekusi. Dari membentuk dan mempertahankan core value, membentuk culture supaya tim nyaman dan senang.

Jika tidak siap menjadi seorang leader, jangan berpikir hanya mengejar title. Karena leader harus punya berkali lipat tanggung jawab, waktu bekerja dan berpikir yang lebih ekstra. Seperti contoh, kita harus memeriksa beberapa pekerjaan tim yang harus kita berikan feedback. Tidak hanya terima jadi saja. Karena saya percaya keberhasilan sebuah tim bukan hanya dari individualnya, melainkan…


Photo by Cameron Venti on Unsplash

Merasakan kesendirian sepanjang waktu, ternyata tidak membuat pikiran saya fresh karena kenyataannya kesendirian sepanjang hari adalah fana. Kesendirian sambil menatap layar laptop, kesendirian menonton youtube, kesendirian dengan scroll media sosial. Nyatanya, kesendirian itu membuat diri saya penat karena kebanyakan informasi yang didapat.

Sedikit demi sedikit saya ingin melakukan digital minimalis, salah satunya dengan kegiatan yang paling sering saya lakukan yaitu berlari.

Kebiasaan mendengarkan musik sambil berlari menjadi tantangan saya untuk berlari tanpa mendengarkan musik dan berlari tanpa menyalakan aplikasi berlari. …


Photo by Startaê Team on Unsplash

Tulisan ini diangkat dari apa yang saya pelajari saat membuat OKR yang dan hasil sharing dengan mentor saya.

Hal ini harus dijadikan pertimbangan ketika menuliskan objective dalam OKR adalah Objective harus sejalan dengan value dan strategi sebuah perusahaan.

Lalu, dari mana Objective dalam OKR itu berasal? berikut jawabannya

Value

  1. Value perusahaan, seperti: honestly, integrity (tidak lebih dari 6 kata)
  2. Setelah mengetahui value perusahaan, kita harus melakukan hal yang sejalan dengan core idea perusahaan dimana value tersebut suatu hal yang tidak bisa dirubah, saklek. …


Photo by Brett Jordan on Unsplash

Thought on 2020: Harga ke Psikolog lebih mahal dari Skincare

Kesehatan mental cukup menjadi perhatian dalam kehidupan saya dalam satu tahun terakhir. Dengan saya konsultasi ke Psikolog sekali cukup, namun kenyataannya tidak.

Saya harus menjalani beberapa kali kunjungan untuk berkonsultasi dengan Psikologi.

Beberapa hal yang saya alami saat memutuskan untuk pergi ke Psikolog:

  • Bangun tidur selalu mengalami kecemasan yang amat sangat parah
  • Tidak bisa menangis padahal tau sedang merasakan tidak nyaman, tidak bisa melepaskan tangisan
  • Jantung terus berdebar
  • Sering mengalami sesak nafas
  • Gangguan tidur
  • Tidak minat melakukan apapun

Saat mengalami hal seperti itu, saya tidak berpikir dua kali untuk pergi…

Rina

Tech & Startup Enthusiast

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store